Skip to content

Dukungan Modal Peternak Sapi Perah di Pagerageung

April 12, 2010

Para peternak sapi perah di wilayah Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya mengeluh. Alasannya, karena mereka merasa tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk pengembangan usaha ternak mereka, terutama dalam hal permodalan. Padahal, usaha budidaya ternak sapi perah di wilayah kecamatan ini cukup potensial.

“Budidaya sapi perah di Pagerageung sudah berkembang sejak tahun 1970-an.Setiap bulan, para peternak sapi mampu menghasilkan susu sebanyak 155.460 liter” ungkap Ade Sudja’I, Ketua KUD Mitrayasa Kecamatan Pagerageung seperti dikutip H.U.Priangan, kemarin.

Namun sangat disayangkan sekali, lanjut Ade, potensi usaha ternak sapi perah tersebut belum bisa ditingkatkan.

”Karena selama ini, para peternak sapi perah di sini mengalami kesulitan dalam hal permodalan, tak terkecuali tatkala hendak pinjam ke lembaga keuangan,” tuturnya.
Pada saat ini, menurutnya, dari sekitar 5.000 orang peternak di Pagerageung, ternyata baru ada sekitar 1.500 ekor sapi perah dengan hasil susu sebanyak 5.000 liter/hari. Susu tersebut dijual ke induk perusahaan susu (IPS) dengan harga Rp. 3.000/liter.

“Dengan jumlah itu, maka total pendapatan seluruh peternak sekitar Rp 15 juta/ hari atau sekitar Rp 5,5 miliar/tahun. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak, idealnya peternak memiliki 2 ekor sapi perah. Artinya, jika peternak yang ada di Pagerageung sekitar 5.000 orang dan sapi yang dimiliki sebanyak 1.500, maka akan kekurangan jumlah sapi sekitar 8.500 ekor. Karena itu, kami berharap kepada pemerintah untuk turut membantu serta memberikan dukungan dalam pemerataan usaha masyarakat peternak guna meningkatkan pemanfaatan potensi alam dan SDM dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” tutur Ade Sudja’i. (Redi Mulyadi)

sumber : kabarindonesia.com

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. Juni 23, 2010 5:01 am

    thanks infonya gan.. ayo majukan sapi perah Indonesia..

  2. yana permalink
    Desember 10, 2011 1:52 pm

    minta kontak person KUD nya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: